peluang usaha: Mencari Peluang Usaha Modal Kecil
mencari peluang usaha itu gampang-gampang susah, ketiak kita tidak butuh ide usaha bisa muncul begitu brilliant tapi ketika kita perlu ide bisnis begitu sulit untuk ditemuakn. Untuk itu catatlah semua peluang usaha yang terlintas di benak kita dan jalankan menjadi sebuah kerajaan bisnis.


Mencari Peluang Usaha Modal Kecil

Sunday, September 22, 2013

Mencari peluang usaha dikala butuh memang sulit, tapi dikala tidak butuh banyak sekali ide udaha yang bisa bermunculan di kepala kita. Itu lumrah dialami setiap orang, oleh karena itu ketika kita menemukan sebuah ide bisnis segera catat kedalam buku harian atau buku khusus kumpulan peluang usaha. Jadi ketika kita butuh sebuah ide peluang usaha kita tinggal membuka buku tersebut dan memilih mana kira-kira  usaha yang dapat kita jalankan saat itu.

Perkara modal kecil atau besar bukanlah bergantung pada jenis peluang usaha, tapi lebih bergantung pada skala usaha, itu berdasarkan teori analisa usaha. Sebenarnya saya kurang sepakat dengan pendapat tersebut, sebab ada banyak usaha yang pasti membutuhkan modal yang tidak kecil seperti bisnis bidang property (menjadi developer) sudah pasti membutuhkan modal yang besar. Teori bisnis tersebut mungkin hanya berlaku untuk jenis usaha kuliner (makanan dan minuman), dimana skala usaha makanan dan minuman dapat diatur sesuai dengan ketersediaan modal.

Menurut pendapat saya selama menjalankan usaha maka peluang usaha dengan modal kecil yang paling menjandikan ada di bidang pertanian dan peternakan. Contoh peluang usaha ternak seperti bisnis budidaya ikan lele, burung love bird, budidaya bayam, kangkung, daun ubi dan lain-lain, semua usaha tersebut bisa dikategorikan usaha dengan modal kecil, sebab dapat dikerjakan dengan modal dibawah 1 jutaan sekalipun.

Misalkan anda punya pekarangan rumah seluas 4 m bujur sangkar, di sini sebenarnya anda bisa menanam bayam dengan tujuan komersil. Pada luas lahan 4 m bisa dihasilkan 100 ikat bayam dalam waktu 1 bulan. Modal yang anda butuhkan hanya tenaga dan ketekuann merawat tanaman tersebut. Begitu juga dengan ternak ikan lele.

Peluang usaha modal kecil lainnya yang menurut saya menjanjikan adalah buka cuci kendaraan roda 2, jumlah kencaraan roda dua dari hari kehari semakin bertambah (itu kuncinya). Memangharga mesin pompa air cukup mahal khusus untuk mesin pompa air baru, tapi harga mesin pompa air bekas cukup murah bahkan banyak yang menjualnya dibawah 1 jutaan. Jika anda ingin mesin baru dan menghemat pengeluaran modal bisa juga anda beli mesin pompa air untuk usaha dengan cara kredit.

Peluang usaha MLM, banyak orang mengatakan bahwa bisnis MLM itu tidak membutuhkan modal besar. Memang benar, jiak anda tidak mengeluarkan biaya promosi. Sudah pasti usaha MLM tanpa diiringi dengan promosi pasti mengalami kegagalan. Saya yakin anda setuju dengan pendapat ini.

Peluang usaha lain yang mungkin bisa dikategorikan sebagai peluang usaha modal kecil adalh bisnis online, jenisnya sangat banyak, diantaranya; jual beli online (toko online), Mengikuti survey online berbayar, agen property online, agen asuransi online dan lain sebagainya. Pada dasarnya semua keahlian dapat dijual secara online. Misalkan keahlian anda adalah membuat kue, tentu anda akan sanagt mahir menjelaskan tata cara membuat kue, pengetahuan tersebut bisa anda tulis dalam bentu blog gratisan dan sekaligus berjualan bahan-bahan pembuat kue (ini cukup laris). Terbukti kawan saya menghasilkan 5 jutaan perbulan dari  jualan bahan-bahan pembuat kue. Begitu juga dengan keahlian lainnya. Saya yakin semakin banyak sebuah keahlian yang kita miliki maka peluang usaha modal kecil akan semakin banyak juga kita temukan, dan ingat jangan pelit dalam membagikan peluang usaha yang anda ketahui kepada orang lain.

Labels: , ,

Anda sedang membaca artikel Mencari Peluang Usaha Modal Kecil di blog peluang usaha. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar contact.

posted by sandra at 12:22 AM

Post a Comment to peluang usaha: Mencari Peluang Usaha Modal Kecil

Peluang Usaha Waralaba Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Sampingan

Peluang usaha


Usaha yang baik bukan dinilai dari besar kecilnya untung, tapi dinilai karena manfaat yang diberikannya kepada masyarakat sekitarnya.